Sabtu, 13 Oktober 2007

Warga "Karang Ile" Bersilaturahmi saat Lebaran




Warga "Kampoeng Karang Ile" Kelurahan Prabumumleh bersilaturahmi saat lebaran Idul Fitri 1428 H.
Kampoeng Karang Ile kalu jaman diloe dikenal dengan sebutan "Karang Lintang" yang mane pada jaman doeloe Prabumuleh terdiri dari 4 Karang. yang pertame disebut "Karang Dahat", "Karang Ulu", "Karang ayek" dan terakhir "Karang Ile" masing-masing karang ade istilah diwek-diwek, kalu Karang Ile disebut dengan istilah Karang Lintang.
Budaya silaturahmi saat lebaran la diadekan sejak turun temurun ne jaman ninek puyang duluni sejak doesoen Pehabung Ule ada mungkin sekitar tahun 18 an.
Silaturahmi atau anjang sana kehuma-huma sanak keluarge sat lebaran merupakan tradisi yang harus tetap dijage karene ini merupakan budaya yang hampir punah karena ne empat karang yang ade cuma behape karang yang maseh melakukan budaya silaturahmi secare besame-same.
Anjang sana kehuma sanak keluarge tahun ini kurang meriah karene anggotanye selalu bekurang ne tahun-ke tahun, penyebabnye mungkin ade yang sudeh meninggal dunie, ade juge yang diluah kota dek sempat balek, ade juge yang sudeh mewakilkan ke anak-anak karene mehase la tua dan ade penggenti.
selain masalah itu ade masalah yang saat ini paling yang harus kite musnahkan ne tanah peninggalan ninek puyang kite ini, yaitu masalah perpedaan prinsif yang laju meluas ke pribadi misalnye penngruh partai pelitik yang ada saat ini, penyakit wang kite man la bebeda partai pelitik laju pacak begenyeea sekeluarge mak itu juge man bebeda wang nak didukung saat pemilu. Ade juge penyebabnye keangkuhan, ini yang harus dimusnakan karena sifat ini akan memecah persatuan dan kekompakan kite di tengah doesoen. selain itu juge wang kite mudah lupe ngan nemane asal muasal kite, perlu diingat kite asal kite nemane(Ne tanah Rambang) jangan melupekan sejarah, sebab kalu kite kite melupekan sejarah alamat doesoen kite kan terpecah-pecah menjadi kelompok-kelompok kecek yang cuma jadi pelengakap di tanah diwek.
Kite ambek contoh sedikit wang Betawi dijakarta yang tergusur dipinggiran kota jakarta, yang paling dekat wang pelimbang, dmane mak ini wang pelimbang asli? mereka la tinggal kenangan bai, hal lok ini man pacak jangan tejadi di Pehabung Ule yang kite cintai ini.
Pendudok asli Pehabung Ule saat ini la mulai bejual ke huma didoesoen ngaleh ke Kelompok (Tugu Nana), ade juge ye ngaleh ke anak petai dan ade juge yang ngale ke pinggiran kota Pehabung Ule.
Untok lebaran tahun depan payo kite same-same bekumpul lagi, kite silaturahmi rami-rami anjang sana kehuma sanak keluarge kite baek yang balek ne perantauan maupun yang memang netap di pehabung Ule ini. Harapan kalu pacak seluruh warge kampoeng Karang Ile bekumpul dan bersilaturahmi bersame.

Penulis
DB Rambang
Warge Karang Lintang Kute Pehabung Ile.

Tidak ada komentar: